Tuesday, December 9, 2008

Brief

Alkisah hari ini kita deklarasikan menjadi hari Jum’at, tidak tepat kliwon sih tapi cukup horor juga klo mau dihoror-hororin. Gue dan partner gue, Komenk janjian di pojok rokok andalan anak-anak lantai 4. Tema hari ini terdiri dari 5 huruf, BRIEF.

Bukan mau sok kebarat-baratan si, tapi emang udeh dari sononya tuh kata bercokol di benak anak-anak ahensi (baca dengan spelling belanda). Kata itu simple memang, tapi jadi tak simple jika tak buruan ditulis, dituangkan dan distrategikan seperti seharusnya. Ucuk-ucuk tiba-tiba sim-salabim pengen jadi ide seger yang katenye harus outstanding atau out of the box-lah (emang kita pernah tau isi kotaknya apa? Atau kita pernah tau bahwa persediaan di kotak itu udah kosong?)

Bukannya anak-anak iklan sendiri yang belum apa-apa udah membatasi diri dengan paradigma out of the box-nya? Kenapa nggak dibikin out-of the circle atau out of the triangle aja? Apa gara-gara sekali lagi dibatasi dengan istilah kotak Pandora?

Ok, kita lanjut.. kita berdua memang masih cukup muda dan masih mempunyai adrenalin yang besar untuk belajar supaya berkembang (bukan ngembang kayak karet kondom, menk.hehehe). Secara garis besar pembicaraan kita terkutip kayak gini :

Komenk : “ Gila lu den, masa produk tadi kita nggak dapet briefnya? Trus si AE itu
Kerjanya ngapain?”

Gue : “ Yah, gitu deh…lo tau sendiri klo disini nggak kenal brief, ada juga Surat
Order…hehee.Delivery kali tuh order :P”

Komenk : “ Klo nggak ada Creative Brief, jadinya subyektif banget kan, nggak tau
5W+1H-nya apa, nggak tau strateginya apa, biar ada Client Brief juga”

Gue : “ Nah itu dia menk hebatnya orang iklan, sometimes kudu jadi cenayang,
dan every times jadi kuli.hehehe”

Komenk : “ Gimana mau jadi CD klo brief aja kagak ada” (sambil mengepulkan
asap rokok Avolution yang udah abis 2 batang)

Gue : “ CD bajakan kali.hehehe”

Dari situ gue jadi berpikir, sebenarnya butuh nggak sih Brief itu? Wong tanpa brief pun iklan bisa terbuat. Entah itu hasil gontok-gontokan si CD atau hasil brainstorm antara gue dan komenk. Tapi kita memang belum punya ilmu intuisi yang udah dipunya klien atau konon praktisi iklan yang udah tersohor yang berani memperjuangkan idenya walau klien bilang “ Lo, berani ganti biaya produksi iklan ini klo ternyata nggak punya impact di pasar?” Nah lo…

Tanpa brief sebenarnya pekerja iklan mampu membuat iklan tapi seakan-akan dia harus semedi dulu di gua pertapaan entah apa namanya itu. Nyang penting begitu waktunya present dengan klien tuh ide udah ada aja. Darimana datengnya wong brief aja nggak ada? Nah itu hebatnya orang iklan, bisa buat yang nggak ada jadi ada. Ya diada-adain lah..

Well, klo begitu gimana iklan kita mau berkualitas? Gimana kita mau buat iklan yang impactfull? Yang AE-nya aja cuma sibuk serve klien all in. Yang taunya hanya beli kue klo present.hehehe.

Gue : “Mbak, briefnya mana?!!”

Si mbak : (cuma tengok kanan-kiri sambil bawa kue)

0 komentar: